PESAWAT TERBANG
Pesawat
terbang, nah pembelajaran yangs satu ini sangat dinanti dan menjadi top
trending dalam buku ini. selain mudah diaplikasikan dan sedikit perlengkapan,
serta mengingat masa kecil pada masa tahun 1990an. Media pembelajaran pesawat
terbang ini bisa diaplikasikan pada pendalaman materi atau evaluasi dalam
pembelajaran. Namun yang sering diaplikasikan sebagai evaluasi pembelajaran.
Media pembelajaran ini juga sering saya gunakan sebagai contoh saat mengisi
pelatihan kepada mahasiswa atau guru. Serta permainan ini dapat respon positif
dari siswa, semakin bertambah semangat dalam belajar.
Perlu
diperhatikan agar membuat penasaran kepada siswa, tidak diperkenankan untuk
menjelaskan bahwa pembelajaran ini menggunakan media pesawat dari kertas. Ikuti
langkah – langkah berikut agar pembelajaran media dengan pesawat terbang lebih
menarik perhatian siswa. Dengan demikian siswa akan belajar lebih senang dan
nyaman. Sabar ya bagi pembaca yang baik hati, setelah ini akan dipaparkan lebih
jelas langkah – langkah pembelajaran menggunakan Pesawat Terbang :
1. Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan menjelaskan kepada siswa bahwa nanti
pembelajarannya di luar ruang kelas.
2. Guru
meminta siswa untuk menyobek satu lembar kertas dan mengeluarkan pensil atau
bulpoin atau spidol.
3. Guru
menuntun pelan – pelan langkah agar tidak ketahuan sama siswa kalau nanti akan
membuat pesawat-pesawatan dari kertas.
4. Guru
meminta siswa mengangkat selembar kertas tersebut, dan guru juga mengangkat
selembar kertas tersebut.
5.
Guru
melipat kertas tersebut dan diikuti bersama siswa.
6. Jika
ada siswa mengatakan “buat pesawat ya Pak/Bu” Sahut siswa. Bapak/Ibu boleh
menjawab atau tidak, kalau penulis biasanya menjawab “Bukan, tenang saja pasti
unik dan beda” hehehehe agar membuat penasaran siswa.
7. Mari dilanjutkan, guru meneruskan melipat kertas dan diikuti
oleh siswa.
8.
Setelah
menjadi sebuah pesawat kertas, siswa memberi nomor pesawat sesuai nomor absensi
siswa.
9.
Guru
memperingatkan dan menekankan kepada siswa jika pesawat kertas sudah jadi,
“Tidak ada siswa yang menerbangkan pesawat kertas sebelum ada perintah dari
guru, jika ada yang menerbangkan pembelajaran dengan permainan dibatalkan dan
besok tidak lagi bermain sambil belajar”
10. Guru meminta siswa menuliskan soal
matematika tanpa jawaban sesuai materi yang diajarkan ke badan pesawat kertas.
11. Guru menjelaskan permainannya nanti
siswa dan guru di luar kelas, membentuk lingkaran. Pada aba – aba 1 siswa siap
menerbangkan pesawatnya setinggi-tingginya. Pada aba-aba 2 siswa menerbangkan
pesawat dan dilanjutkan mengambil pesawat yang lain (dilarang mengambil
pesawatnya sendiri)
12. Aba – aba 3 siswa mengerjakan soal yang
ada di badan pesawat di Buku tulis siswa dalam waktu 5 menit (waktu disesuaikan
kebijakan guru masing – masing)
13. Guru memberikan intruksi untuk
berkumpul melingkar lagi jika waktu habis dan siswa membawa pesawat yang telah
didapatkan tadi dan siap menerbangkan pesawat serta mengambil pesawat yang lain
lagi.
14. Selamat mencoba dan lakukan
berulang-ulang seperti langkah 11.
15. Setelah itu buku tulis siswa
dikumpulkan untuk dikoreksi oleh guru.
16. Siswa akan nampak senang bermain
bersama – sama pesawat terbang layaknya anak kecil. Apalagi jika media
pembelajaran ini dilakukan kepada siswa SMP-SMA.
Bapak / Ibu guru boleh
mengembangkan lagi dari media pembelajaran pesawat terbang. Penulis tidak akan
mengklaim, ayo Bapak/Ibu Guru coba sebagai media pembelajaran jangan lupa
upload moment keseruan pembelajaran ke facebook dan tag facebook penulis
ya..... FB: Rahmad Sugianto. Selamat mencoba ......
Saya menggunakan model pembelajaran kooperatif snow ball throwing..biasanya untuk latihan soal-soal sebelum penilaian harian.hampir mirip.. tapi tentu saja pesawatmu lebih ok...sukses ya..
ReplyDeleteArtikelnya bagus banget..
ReplyDeleteMau tanya Buku induk mengenai permainan pesawat terbang karya siapa ya? Terimakasih